Author Archives: perpusinfo

  • -

Semangat di Tahun 72 Indonesia Merdeka dan Bergerak Bersama Mewujudkan Generasi Melek Informasi… !!!

Category : Artikel

Teknologi dan informasi merupakan seperangkat kesatuan yang saling berhubungan khususnya di era sekarang ini yaitu abad informasi. Berbagai fenomena bermunculan dengan berbagai perkembangan dan dampak dari perkembangan teknologi informasi. Tak dapat dipungkiri bahwa salah satu implikasi yang tak terelakkan adalah munculnya suatu revolusi informasi yang kemudian melahirkan sebuah masyarakat dengan keadaan bahwa produksi, distribusi dan manipulasi informasi menjadi suatu kegiatan utama atau yang lebih dikenal dengan istilah masyarakat informasi.

Perpustakaan sebagai salah satu pusat sumber informasi memiliki berbagai tuntutan sejalan dengan perkembangan masyarakat informasi tersebut. Disisi lain pustakawan sebagai agen informasi didalamnya sebagai pemegang kunci bisakah perpustakaan mengatasi berbagai tuntutan tersebut. Salah satu wujud nyata adalah dengan mencoba membangun suatu pola pikir dan paradigma pengelolaan informasi dengan tidak mengesampingkan akan perkembangan-perkembangan teknologi yaitu dengan menerapkan teknologi-teknologi di perpustakaan baik itu untuk kemudahan dalam akses pengguna maupun kemudahan dalam proses pengelolaan.

Perlu diperhatikan aspek lain bahwa pustakawan disini bukan hanya sebagai pengelola unsur-unsur teknologi, data dan lain sebagainya. Namun jauh dari itu era masyarakat informasi ini pustakawan memiliki tugas moral sebagai agen informasi di mana pustakawan memiliki tanggung jawab bagaimana mereka dapat mencetak generasi-generasi era informasi ini dengan memiliki suatu kompetensi yaitu berupa melek informasi. Dengan semangat 45 periode 72 tahun Indonesia merdeka mari kita sebagai pustakawan agen informasi mulai membuka menset dan pola pikir bahwa kita bukan hanya terkpaku pada proses-proses teknis dalam dunia kepustakawanan, jauh dari itu mari kita bersama-sama mulai berusaha meningkatkan kompetensi generasi penerus menjadi generasi yang melek akan informasi. Hal ini dapat kita wujudkan dengan memberikan suatu pelatihan-pelatihan ketrampilan akses informasi kepada para penggua terhadap sumber yang relevan dengan kebutuhan mereka, merancang metode-metode baik berupa konsep ataupun produk yang diperuntukkan bagi pengguna sebagai kemudahan akses informasi, memberikan gagasan berupa rajin membuat karya tulis, penelitian dan sebagainya demi pengembangan keilmuan kepustakawanan khususnya yang berkaitan dengan bidang literasi informasi dan lain sebagainya. Jika semua itu dapat terwujud bukan tidak mungkin nantinya generasi penerus kedepannya akan lebih maju dan otomatis berdampak pada kemajuan negara Indonesia di mana mereka memiliki ide-ide kreatif dan selalu inovatif dengan kompetensi literasi informasi yang mereka miliki. (Niz)

 


  • -

Informasi Format Pengumpulan File Karya Akhir Mahasiswa

Category : Berita

PENGUMUMAN NO. 036/PL2.UPT.PERPUS/KM/2017

Menindak lanjuti kebijakan perpustakaan dalam rangka pengelolaan institutional repository khususnya mengenai konten karya akhir mahasiswa, diberitahukan kepada seluruh civitas akademik khususnya yang sedang atau akan mengerjakan Tugas Akhir (D3), Skripsi (D4) dan Tesis (S2) kami informasikan Format Pengumpulan Hard Copy dan Soft Copy sebagai syarat untuk mendapatkan tanda tangan bebas tanggungan dari UPT. Perpustakaan adalah sebagai berikut:

Ketentuan Pengumpulan Laporan Akhir Mahasiswa

  • -

Pengembangan Sistem Security Gate Perpustakaan

Category : Berita

Sebagai upaya peningkatan kualitas layanan baik dalam hal kenyaman dan fasilitas perpustakaan, UPT Perpustakaan Politeknik Negeri Malang di awal Juni 2017 melakukan upaya untuk proses implementasi sistem keamanan Security Gate. Security Gate secara teknis nantinya akan ditaruh sebagai sistem keamanan masuk dan keluarnya bahan pustaka perpustakaan. Hal tersebut dilakukan dalam upaya mencgah terjadinya hal – hal yang tidak diinginkan serta agar proses pelayanan dapat berjalan dengan lancar.

Kerjasama dilakukan oleh pihak perpustakaan dengan pihak frointeir sebagaipenyedia perangkat. Jalinan kerjasama dilakukan meliputi kesepakatan pemasangan, penyesuaian sistem dengan database perpustakaan dan lain sebagainya. Secara garis besar dari hasil kesepakatan kerjasama, proses pemasangan dan impelementasi akan dimulai sekitar bulan Juli – Agustus (menyesuaikan). (Niz)

 

 


  • -

Sistem Pelayanan Berbasis Media Sosial

Category : Berita

Melihat begitu masifnya perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang telah menjamah ke berbagai kalangan salah satunya termasuk kalangan civitas akademika perguruan tinggi. Akses informasi telah mengalami banyak perubahan dari yang serba tercetak telah berkembang menuju informasi dengan akses secara virtual salah satunya dengan jenis media sosial yang antara lain seperti facebook, twitter, instagram (IG). . Perpustakaan sebagai pusat informasi memiliki tuntutan menyediakan akses informasi dalam mewadahi kebutuhan para pengguna, salah satunya adalah perpustakaan perguruan tinggi di mana memiliki tugas sebagai sarana akses pusat sumber informasi bagi seluruh civitas akademika yang dinaunginya.

UPT Perpustakaan Politeknik Negeri Malang dalam rangka mewadahi kebutuhan para pengguna dalam akses informasi yang kaitannya dengan layanan, prosedur maupun informasi-informasi yang terkait dengan perpustakaan mencoba menerapkan layanan informasi dengan berbasis pada media sosial. Beberapa media sosial yang coba dilakukan penerapan oleh UPT. Perpustakaan Politeknik Negeri Malang antara lain seperti facebook, twitter dan instagram (IG). Beberapa pertimbangkan untuk menggunakan beberapa media sosial tersebut karena media tersebut cukup populer khususnya di kalangan para mahasiswa sekarang ini. Untuk mengakses berbagai media sosial tersebut pengguna cukup mudah yaitu dengan mengunjungi:

a. facebook: UPT. Perpustakaan Politeknik Negeri Malang

b. twitter: polinemalibrary

c. instagram (IG): polinemalibrary

Berbagai pengumuman mengenai layanan, prosedur yang berhubungan dengan administrasi perpustakaan dapat diakses melalui media sosial tersebut.(Niz)

 


  • -

Rancangan Jalinan Kerjasama e-Journal Cambridge Core

Category : Berita

Dalam dunia akademis terutama perguruan tinggi, universitas cambridge merupakan salah satu universitas yang cukup populer bahkan dalam level dunia, dimana merupakan universitas tertua kedua didunia. Sebagai upaya pengembangan keilmuan universitas cambridge melakukan suatu langkah dengan menerapkan suatu layanan akses berupa portal e-Journal yang bernama Cambridge Core. Secara konten informasi-informasi yang terkandung dalam jurnal dapat dikatakan cukup berbobot melihat begitu ketatnya proses seleksi untuk dapat masuk dan terbit pada jurnal tersebut.

Pada penerapannya Cambridge Core mencoba dan berupaya menggandeng perpustakaan-perpustakaan khususnya dalam uang lingkup perguruan tinggi baik dalam skala nasional se Britania Raya maupun dalam kancah internasional termasuk Indonesia. Dalam kesempatan tersebut UPT. Perpustakaan Politeknik Negeri Malang mendapatkan suatu kesempatan dengan adanya kunjungan dan presentasi dari tim Cambridge Core tersebut. Hal tersebut merupakan suatu langkah awal UPT. Perpustakaan Negeri Malang sebagai upaya untuk mengembangkan koleksi perpustakaan terutama dengan fokus pada koleksi dengan basis virtual salah satunya berupa e-journal.

Secara teknis proses berlangsungnya kegiatan berjalan lancar. Secara keseluruhan dapat dikatakan bahwa proses rancangan jalinan kerjasama tersebut akan ditindak lanjuti baik dari pihak UPT. Perpustakaan Politeknik Negeri Malang maupun dari pihak Cambridge Core sendiri untuk dapat direalisasikan kedeannya. (Niz)


  • -

Penerapan Instutitional Repository Sebagai Sarana Akses Pengetahuan dan Komunikasi Ilmiah

Category : Artikel

 

Seiring dengan perkembangan teknologi informasi khususnya dunia internet yang sebagaimana kita ketahui bersama bersifat masif, telah membawa dampak yang cukup signifikan dalam duni Ilmu Informasi dan Perpustakaan. Pekembangan layanan dan teknologi coba dikolaborasikan menjadi suatu kesatuan demi terciptanya suatu layanan prima. Awal perkembangan mulai dari siste otomasi sampai sistem berbasis digital atau akhir-akhir ini lebih populer disebut dengan virtual library. Dalam perkembangannya, banyak institusi-institusi mencoba menerapkan sistem manajemen koleksi dengan berbasis pada layanan local content yaitu dengan apa yang diistilahkan dengan institutional repository (IR).

Sebagaimana diketahui bahwa isu perkembangan  institutional repository (IR) ternyata telah menjadi sorotan yang cukup menarik diantara banyak kalangan peneliti, akademisi, perguruan tinggi dan lembaga riset. Hal tersebut dapat dilihat berdasarkan hasil penelusuran dalam Library, Information Science & Technology Abstracts (LISTA) dan Scopus, terdapat lebih dari 300 artikel yang membahas IR telah dipublikasikan dalam berbagai jurnal ilmiah (peer-reviewed journal) internasional, terentang mulai awal 2000an sampai saat ini. Selain dalam bentuk artikel jurnal, tesis dan disertasi berfokus mengkaji IR dari berbagai universitas di dunia juga melimpah. Ratusan buku, manual dan website dibuat dan didedikasikan untuk para pengembang IR. Beberapa international conference terutama dalam bidang library and information science juga telah banyak yang mengangkat IR sebagai grand theme. Hal tersebut di atas dapat menunjukkan bahwa pentingnya pengembangan IR telah menjadi keinsyafan bersama.

UPT. Perpustakaan Politeknik Negeri Malang (Polinema) sebagai salah satu perpustakaan dibawah naungan institusi Politeknik Negeri Malng dengan berbasis pada sistem pendidikan vokasi mencoba menerapkan dengan apa yang disebut institutional repositiry tersebut. Tujuan perpustakaan dalam hal ini tidak lain adalah demi terciptanya suatu wadah sebagai saran akses komunikasi ilmiah terhadap sumber-sumber terutama berupa local content karya seluruh civitas akademika Politeknik Negeri Malang agar dapat dimanfaatkan bagi pengguna perpustakaan serta masyarakat pada umumnya.

Mengenai isi content repository UPT. Perpustakaan Politeknik Negeri Malang menyediakan beberapa karya ilmiah mahasiswa yang terdiri dari: Laporan Akhir(D3) dan Skripsi (D4). Kedepannya perpustakaan mencoba mengembangkan beberapa karya penelitian dan pengamdian dosen untuk dapat diakses secara virtual (online). (Niz)

 


  • 0

Kunjungan STTAL Ke Perpustakaan Polinema

Category : Berita

Jumat, 2 September 2016, Perpustakaan Polinema mendapat kunjungan dari Sekolah Tinggi Teknologi Angkatan Laut (STTAL) Surabaya. Kunjungan ke perpustakaan Polinema tersebut dilakukan oleh Letkol Edy Suhartono beserta rombongan dan disambut oleh para pustakawan Polinema.

Dalam agenda kunjungan tersebut, pustakawan Polinema memberikan paparan singkat mengenai perpustakaan kepada rombongan STTAL. Setelah memberikan pemaparan singkat, rombongan STTAL berkeliling melihat situasi dan kondisi perpustakaan Polinema.(Rob)


Kategori

Bahasa

English
German
Dutch

Japanese
Arabic