Author Archives: perpus info

  • -

Kunjungan Politeknik Negeri Bali Ke Perpustakaan Polinema

Category : Berita

Jumat, 25 November 2016, Perpustakaan Polinema mendapat kunjungan dari Politeknik Negeri Bali (PNB). Kunjungan ke perpustakaan Polinema tersebut  disambut hangat oleh para pustakawan Polinema.

Dalam agenda kunjungan tersebut, pustakawan Polinema menjelaskan paparan singkat mengenai perpustakaan kepada rombongan Politeknik Negeri Bali (PNB). Setelah memberikan pemaparan singkat, rombongan Politeknik Negeri Bali (PNB) berkeliling melihat situasi dan kondisi perpustakaan Polinema serta foto bersama.(Rob)


  • 0

Sosialisasi Pendidikan Pemakai Perpustakaan Mahasiswa Baru (MABA) Tahun 2016

Category : Berita

UPT. Perpustakaan Polinema merupakan salah satu unit pelaksana teknis yang memiliki peran sebagai pusat sumber informasi dan belajar, khususnya bagi seluruh sivitas akademika Politeknik Negeri Malang (Polinema). Melihat begitu pentingnya peranannya, maka perpustakaan di kelola dengan konsep manajemen berbasis layanan dan sistem pengelompokan yang multi teknis, sehingga informasi yang ada di perpustakaan dapat terorganisir dengan baik. Penerapan berbagai teknologi informasi pun selalu di upayakan perpustakaan demi kemudahan didalam akses layanan informasi oleh pengguna.

Pada penerapannya yang sering terjadi adalah kebanyakan pemakai perpustakaan tidak mempunyai skill atau ketrampilan dalam menggunakan alat – alat penelusur yang telah di sediakan oleh perpustakaan. Sehingga pemakai kesulitan dalam melakukan pencarian informasi yang mereka butuhkan. Untuk itu para pustakawan / pengelola perpustakaan membentuk jasa layanan pemandu perpustakaan dengan mengadakan pendidikan pemakai (user education). Dengan adanya pendidikan pemakai ini diharapkan agar para pengguna perpustakaan dapat mengetahui lebih dalam tentang perpustakaan. Di dalam pendidikan pemakai ini juga akan membantu para pemakai untuk menggunakan alat – alat penelusur informasi sehiangga akan mempermudah dalam menemukan bahan pustaka atau informasi yang di perlukan.

Kegiatan pendidikan pemakai (user education) dilakukan dalam bentuk kegiatan sosialisasi dengan fokus kegiatan kepada para mahasiswa baru angkatan 2016. Kegiatan berlangsung pada tanggal 31 agustus ini melibatkan seluruh pustakawan UPT. Perpustakaan Polinema yang bekerjasama dengan masing – masing jurusan yang terdapat di Politeknik Negeri Malang. Secara teknis kegiatan sosialisasi dilakukan pada masing – masing jurusan yang meliputi: teknik elektro, teknik mesin, teknik sipil, teknik kimia, akuntansi, administrasi niaga (AN), teknologi informasi (TI) dan GMF. Secara keseluruhan kegiatan berjalan dengan lancar serta para mahasiswa antusias didalam mengikuti kegiatan tersebut. Diharapkan untuk kedepannya kegiatan sosialisasi pendidikan pemakai perpustakaan ini dapat terus berjalan dan bahkan dapat ditingkatkan menjadi program literasi informasi (information literate) khususnya bagi seluruh sivitas akademika Politeknik Negeri Malang (Polinema). (Niz)


  • 0

Kegiatan Pembersihan Rak dan Perawatan Koleksi UPT. Perpustakaan Polinema

Category : Berita

Ujung tombak penyelenggaraan sebuah perpustakaan adalah dilihat dari layanannya. Hal tersebut dikarenakan berhasil tidaknya peyelenggaraan senuah perpustakaan dapat dilihat bagaimana kualitas pelayanan yang diberikan kepada pengguna, apakah pengguna terpuaskan ataukah sebaliknya. UPT. Perpustakaan Polinema dalam implementasinya sebagai langkah agar tercipta suatu pelayanan yang baik dan dapat memuaskan pengguna salah satunya menyelenggarakan kegiatan pembersihan dan perawatan koleksi. Dengan adanya koleksi yang bersih dan terawat maka nantinya diharapkan pengguna akan semakin teruaskan di dalam pemanfaatan koleksi tersebut.
Penyelenggaraan kegiatan pembersihan dan perawatan koleksi dilaksanakan pada ruang koleksi umum, koleksi referensi dan tugas akhir serta ruang koleksi kopi pertama (koleksi tandon). Untuk fokus kegiatan meliputi pebersihan rak tempat koleksi, buku-buku koleksi serta di ikuti kegiatan penataan (shelving) koleksi yang tempatnya tidak sesuai. Mengingat banyak sekali debu yang terdapat pada buku maupun rak koleksi kegiatan pembersihan tersebut juga menggunakan sarana vacum cleaner utamanya pada koleksi buku-buku umum dan tuigas akhir. Hal tersebut mengingat intensitas pemanfaatan ke dua koleksi tersbut cukup tinggi jika dibandingkan dengan koleksi lain.
Kegiatan berlangsung selama 1 minggu lebih terhitung mulai tanggal 22 – 30 agustus 2016. Pelaksanaan kegiatan bersifat gotong royong baik dari pihak pustakawan maupun staf administrasi UPT. Perpustakaan Polinema. Kegiatan tersebut diharapkan nantinya dapat dilakukan secara continue dan terus berkesinambungan mengingat pentingnya kebersihan demi kenyamanan pengguna didalam pemanfaatan koleksi perpustakaan. (Niz)


  • 0

Rapat Koordinasi Malang Inter Library Loan (MILL)

Category : Berita

Seiring degan perkembangan zaman dan disertai dengan kemajuan teknologi informasi tak dapat dipungkiri telah menimbulkan berbagai fenomena sekaligus tantangan baru. Dalam konteks dunia pendidikan dan akademis perguruan tinggi tentunya timbul berbagai ragam kebutuhan informasi maupun literatur sebagai penunjang kebutuhan proses pembelajaran para mahasiswa. Ide dan berbagai gagasanpun muncul sebagai upaya pemenuhan kebutuhan akan informasi dan literatur mahasiswa perguruan tinggi. Perpustakaan sebagai pusat sumber informasi selalu berupaya dengan sebaik mungkin memenuhi kebutuhan tersebut.

UPT. Perpustakaan Polinema dengan 4 perpustakaan Perguruan Tinggi Negeri (PTN) di kota Malang (UIN, UB, UM dan Poltekes) bergerak bersama dalam upaya pemenuhan kebutuhan informasi dan literatur mahasiswa, khususnya yang merupakan sivitas akademika 5 PTN tersebut. Sehingga dengan terpenuhinya kebutuhan informasi dan literatur tersebut para mahasiswa kedepannya akan semakin kaya literasi khususnya di dalam pengkajian diperpustakaan perguruan tinggi. Untuk itulah 5 perpustakaan PTN kota Malang menggagas terbentuknya MILL (Malang Inter Library Loan), dimana merupakan suatu sarana silang layan literatur perpustakaan PTN kota Malang.

Pada kesempatan ini UPT. Perpustakaan Polinema sebagai tempat kegiatan rapat koordinasi dalam upaya perencanaan MILL tersebut. Rapat koordinasi yang berlangsung di UPT. Perpustakaan Polinema ini merupakan pertemuan ke 3 setelah sebelumnya dilaksanakan di Perpustakaan Brawijaya dan UIN Maliki. Acara yang berlangsung sekitar 3 jam tersebut menghasilkan berbagai gagasan diantaranya mengenai adanya sarana fasilitas MILL seperti adanya Union Catalog sebagai sarana akses penelusuran literatur maupun sarana operasional yang digunakan pustakawan dalam implementasinya. (Niz)


Kategori

Bahasa

English German Dutch

Japanese Arabic