Category Archives: Berita

Knowledge Sharing Perpustakaan Polinema dengan Perpustakaan PENS

Category : Berita

Institusi Politeknik Negeri Malang merupakan pendidikan vokasi dengan ciri mengutamakan pada penguasaan keahlian terapan tertentu atau dengan kata lain mengutamakan keterampilan dan praktek. UPT Perpustakaan Politeknik Negeri Malang sebagai lembaga sentral yang menunjang institusi dalam konteks sumber informasi pembelajaran seluruh civitas akademika Politeknik Negeri Malang tentunya memiliki kharakteristik tersendiri jika dibandingkan dengan perpustakaan perguruan tinggi lainnya. Ciri khas dalam konteks pembahasan disini yaitu mengenai sumber-sumber informasi yang disediakan beserta segala prasaranannya.Institusi Politeknik Negeri Malang merupakan pendidikan vokasi dengan ciri mengutamakan pada penguasaan keahlian terapan tertentu atau dengan kata lain mengutamakan keterampilan dan praktek. UPT Perpustakaan Politeknik Negeri Malang sebagai lembaga sentral yang menunjang institusi dalam konteks sumber informasi pembelajaran seluruh civitas akademika Politeknik Negeri Malang tentunya memiliki kharakteristik tersendiri jika dibandingkan dengan perpustakaan perguruan tinggi lainnya. Ciri khas dalam konteks pembahasan disini yaitu mengenai sumber-sumber informasi yang disediakan beserta segala prasaranannya.

Sebagai upaya dalam meningkatkan peranannya sebagai perpustakaan yang bergerak dalam institusi pendidikan vokasi pihak perpustakaan pada 16 Januari 2019 melakukan sebuah kunjungan kerja pada perpustakaan sejawat yaitu Perpustakaan PENS (Politeknik Elektronika Surabaya). Dalam kesempatan tersebut dikirim 3 staf perpustakaan (Nizam, Lia dan Dewi) untuk melakukan sharing knowledge dengan pihak perpustakaan PENS mengenai bidang layanan, pengolahan bahan pustaka dan pengelolaan sistem informasi perpustakaan serta bapak kepala perpustakaan Drs. Rahbini, MT yang juga melakukan knowledge sharing mengenai manajemen perpustakaan beserta kebijakan-kebijakan perpustakaan.

Pada knowledge sharing tersebut secera keseluruhan berjalan dengan antusias, dimana pihak perpustakaan baik itu POLINEMA maupun PENS melakukan diskusi dan tanya jawab serta juga melihat secara langsung bagamina impelemntasi dari pengelolaan perpustakaan disana. Dalam kesempatan tersebut pihak perpustakaan PENS juga menyambut dengan antusias mengenai upaya knowledge sharing yang dilakukan. Dari knowledge sharing tersebut didapatkan sejumlah pengetahuan baru bagaimana impelemntasinya pihak perpustakaan PENS dalam pengelolaan dan pelayanan perpustakaan untuk menunjang institusi PENS sendiri dengan bercirikan pendidikan vokasi yang meliputi kharakteristik sumber-sumber informasi yang disediakan pihak perpustakaan dengan berbasiskan konten yang bversifat applied (terapan) dan beserta layanan dan sarana penunjang sistem informasi perpustakaan. Pihak perpustakaan PENS kedepannya juga akan melakukan upaya serupa melakukan knowledge sharing dengan melakukan kunjungan kerja ke UPT Perpustakaan Politeknik Negeri Malang. (Niz)


Pelatihan dan Pemanfaatan E-Journal Ebsco

Category : Berita

Era kemajuan teknologi informasi yang disertai dengan pesatnya perkembangan ilmu pengetahuan, sarana penelusuran dan akses terhadap sumber-sumber informasi menjadi penting. Banyak informasi yang dapat di serap dan didapat, namun dalam konteks tertentu masyarakat juga membutuhkan suatu informasi yang bersifat ilmiah salah satunya melalui jurnal-jurnal maupun artikel penelitian.

Unit Perpustakaan sebagai pusat sumber informasi sudah mulai harus bergerak bukan hanya sebagai pusat sumber informasi yang dapat dikatakan hanya sekedar informasi, namun khususnya dilingkungan perpustakaan perguruan tinggi harusnya menjadi pusat sumber informasi yang bersifat ilmiah yang dapat diwadahi dengan tersedianya koleksi-koleksi jurnal maupun artikel penelitian. Dalam konteks yang lebih luas jurnal merupakan bagian penting dari koleksi perpustakaan yang menjadi kendaraan yang paling penting untuk komunikasi ilmiah global. Bagi kalangan civitas akademika sarana komunikasi ilmiah berupa jurnal tersebut merupakan hal yang pokok dan tidak bisa ditawar untuk bahan rujukan dalam membuat artikel, jurnal ilmiah. Hal tersebut juga merujuk pada Peraturan Pemerintah Nomor 37 Tahun 2009 mengenai Dosen dan Peraturan Mendiknas Nomor 47 Tahun 2009 mengenai sertifikasi pendidik untuk dosen dimana memiliki tuntutan untuik mengumpulkan portofolio diantaranya meliputi berupa penelitian ilmiah. Bagi kalangan mahasiswa dalam menunjang tugas-tugas maupun laporan akhir. Hal tersebut juga merujuk pada tridhrama perguruan tinggi yaitu sebagai tempat pendidikan, penelitian dan pengabdian maka sarana komunikasi ilmiah pun sudah tidak bisa ditawar dan mutlak diperlukan.

Menjawab fenomena tersebut UPT Perpustakaan Politeknik Negeri Malang sebagai pusat sumber informasi dilingkungan civitas akademika Politeknik Negeri Malang mencoba menjawab dengan memberikan sarana fasilitas portal e-journal. Perpustakaan dalam hal ini mewadahi baik itu mahasiswa, karyawan dan dosen untuk dapat memanfaatkan layanan akses e-journal tersebut guna menunjang untuk akses sumber-sumber informasi yang bersifat ilmiah. Pada kesempatan tersebut yaitu pada 29 November 2018 pihak perpustakaan mengadakan suatu pelatihan bagi para dosen, karyawan dan utamanya para pustakawan untuk dapat memanfaatkan layanan e-journal salah satunya Ebsco yang baru dilanggan oleh pihak perpustakaan.

Acara pelatihan tersebut dihadiri oleh beberapa dosen, karyawan, pustakawan dan staf perpustakaan. Pelatihan tersebut dilakukan agar fasilitas yang telah diberikan oleh pihak perpustakaan tersebut dapat dimanfaatkan dengan baik dan diharapkan bagi para dosen khususnya dapat memberikan edukasi pemanfaatan jurnal tersebut kepada para mahasiswa dan bagi kalngan pustakawan maupun staf dapat memiliki pengetahuan sehingga dapat memberikan edukasi bagi para pengguna perpustakaan nantinya dalam melakukan akses e-journal tersebut. (Niz)


AUDIT INTERNAL UPT PERPUSTAKAAN POLINEMA 2017

Category : Berita

 

UPT Perpustakaan Politeknik Negeri Malang sebagai pusat sumber informasi bagi seluruh civitas akademika Politeknik Negeri Malang dan masyarakat pada umumnya selalu berusaha melakukan upaya demi peningkatan pelayanan secara continue. Salah satu upaya dengan di tunjang oleh Politeknik Negeri Malang sebagai lembaga induk menyelenggarakan tahunan rutin berupa audit internal perpustakaan yang meliputi beberapa indikator penilaian.

Kegiatan audit internal perpustakaan dilaksanakan pada senin, 16 Oktober 2017. Tim audit Intenal-KJM yang dipimpin oleh Bapak Drs. Abdulah Mas’ud MT dan Bapak Moch. Sholeh, ST., MT mengunjungi dan melakukan audit internal ke UPT Perpustakaan Politeknik Negeri Malang.

Secaera keseluruhan proses audit berjalan dengan lancar  seluruh jajaran staf mempersiapakn mengenai apa yang diperlukan guna menunjang data-data dalam penilaian indikator audit. Bebebrapa poin sejauh ini sudah terpenuhi dan dilaksanakan di perpustakaan adapun beberapa poin yang belum terpenuhi ke depan perpustakaan masih terus untuk mengupayakan. Hal tersebut juga sebagai penunjang institusi Politeknik Negeri Malang dalam proses akreditasi. Dengan adanya audit internal diharapkan nantinya UPT Perpustakaan Politeknik Negeri Malang dapat terus berupaya secara berkesinambungan untuk meningkatkan kualitas pelayanan kepada civitas akademika.

 

 

 


Layanan Akses e-Journal Ebsco

Category : Berita

Sebagai implementasi dari jalinan kerjasama institusi politeknik dengan Kemenristekdikti salah satunya dilakukan dengan membangun akses informasi. Perpustakaan sebagai ujung tombak dan peranan dalam mengelola knowledge yang tergabung dalam perpustakaan politeknik negeri mencoba mengimplementasikan dalam bentuk kerjasama dalam ruang lingkup yang bersifat informatif.

Pada tahun 2017 ini UPT Perpustakaan Politeknik Negeri Malang bekerjasama dengan Kemenristekdikti mencoba melakukan jalinan kerjasama melakukan pelayanan akses e-journal kepada para pengguna secara free. Sebagai produk portal e-journal yang digandeng dalam hal ini adalah EBSCO. EBSCO sendiri merupakan salah satu portal jurnal yang dapat dimanfaatkan dan cukup berkualitas dengan kontennya yang terdiri dari beberapa subdisiplin ilmu.

Secara teknik Pengguna UPT Perpustakaan Politeknik Negeri Malang dapat memanfaatkan layanan akses e-journal EBSCO secara free melalui UPT Perpustakaan Politeknik Negeri Malang dengan panduan sebagai berikut–> klik.

(Niz)

 

 

 


Informasi Format Pengumpulan File Karya Akhir Mahasiswa

Category : Berita

PENGUMUMAN NO. 036/PL2.UPT.PERPUS/KM/2017

Menindak lanjuti kebijakan perpustakaan dalam rangka pengelolaan institutional repository khususnya mengenai konten karya akhir mahasiswa, diberitahukan kepada seluruh civitas akademik khususnya yang sedang atau akan mengerjakan Tugas Akhir (D3), Skripsi (D4) dan Tesis (S2) kami informasikan Format Pengumpulan Hard Copy dan Soft Copy sebagai syarat untuk mendapatkan tanda tangan bebas tanggungan dari UPT. Perpustakaan adalah sebagai berikut:

Ketentuan Pengumpulan Laporan Akhir Mahasiswa

Sistem Pelayanan Berbasis Media Sosial

Category : Berita

Melihat begitu masifnya perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang telah menjamah ke berbagai kalangan salah satunya termasuk kalangan civitas akademika perguruan tinggi. Akses informasi telah mengalami banyak perubahan dari yang serba tercetak telah berkembang menuju informasi dengan akses secara virtual salah satunya dengan jenis media sosial yang antara lain seperti facebook, twitter, instagram (IG). . Perpustakaan sebagai pusat informasi memiliki tuntutan menyediakan akses informasi dalam mewadahi kebutuhan para pengguna, salah satunya adalah perpustakaan perguruan tinggi di mana memiliki tugas sebagai sarana akses pusat sumber informasi bagi seluruh civitas akademika yang dinaunginya.

UPT Perpustakaan Politeknik Negeri Malang dalam rangka mewadahi kebutuhan para pengguna dalam akses informasi yang kaitannya dengan layanan, prosedur maupun informasi-informasi yang terkait dengan perpustakaan mencoba menerapkan layanan informasi dengan berbasis pada media sosial. Beberapa media sosial yang coba dilakukan penerapan oleh UPT. Perpustakaan Politeknik Negeri Malang antara lain seperti facebook, twitter dan instagram (IG). Beberapa pertimbangkan untuk menggunakan beberapa media sosial tersebut karena media tersebut cukup populer khususnya di kalangan para mahasiswa sekarang ini. Untuk mengakses berbagai media sosial tersebut pengguna cukup mudah yaitu dengan mengunjungi:

a. facebook: UPT. Perpustakaan Politeknik Negeri Malang

b. twitter: polinemalibrary

c. instagram (IG): polinemalibrary

Berbagai pengumuman mengenai layanan, prosedur yang berhubungan dengan administrasi perpustakaan dapat diakses melalui media sosial tersebut.(Niz)

 


Rancangan Jalinan Kerjasama e-Journal Cambridge Core

Category : Berita

Dalam dunia akademis terutama perguruan tinggi, universitas cambridge merupakan salah satu universitas yang cukup populer bahkan dalam level dunia, dimana merupakan universitas tertua kedua didunia. Sebagai upaya pengembangan keilmuan universitas cambridge melakukan suatu langkah dengan menerapkan suatu layanan akses berupa portal e-Journal yang bernama Cambridge Core. Secara konten informasi-informasi yang terkandung dalam jurnal dapat dikatakan cukup berbobot melihat begitu ketatnya proses seleksi untuk dapat masuk dan terbit pada jurnal tersebut.

Pada penerapannya Cambridge Core mencoba dan berupaya menggandeng perpustakaan-perpustakaan khususnya dalam uang lingkup perguruan tinggi baik dalam skala nasional se Britania Raya maupun dalam kancah internasional termasuk Indonesia. Dalam kesempatan tersebut UPT. Perpustakaan Politeknik Negeri Malang mendapatkan suatu kesempatan dengan adanya kunjungan dan presentasi dari tim Cambridge Core tersebut. Hal tersebut merupakan suatu langkah awal UPT. Perpustakaan Negeri Malang sebagai upaya untuk mengembangkan koleksi perpustakaan terutama dengan fokus pada koleksi dengan basis virtual salah satunya berupa e-journal.

Secara teknis proses berlangsungnya kegiatan berjalan lancar. Secara keseluruhan dapat dikatakan bahwa proses rancangan jalinan kerjasama tersebut akan ditindak lanjuti baik dari pihak UPT. Perpustakaan Politeknik Negeri Malang maupun dari pihak Cambridge Core sendiri untuk dapat direalisasikan kedeannya. (Niz)


Kunjungan Politeknik Negeri Bali Ke Perpustakaan Polinema

Category : Berita

Jumat, 25 November 2016, Perpustakaan Polinema mendapat kunjungan dari Politeknik Negeri Bali (PNB). Kunjungan ke perpustakaan Polinema tersebut  disambut hangat oleh para pustakawan Polinema.

Dalam agenda kunjungan tersebut, pustakawan Polinema menjelaskan paparan singkat mengenai perpustakaan kepada rombongan Politeknik Negeri Bali (PNB). Setelah memberikan pemaparan singkat, rombongan Politeknik Negeri Bali (PNB) berkeliling melihat situasi dan kondisi perpustakaan Polinema serta foto bersama.(Rob)


Kunjungan STTAL Ke Perpustakaan Polinema

Category : Berita

Jumat, 2 September 2016, Perpustakaan Polinema mendapat kunjungan dari Sekolah Tinggi Teknologi Angkatan Laut (STTAL) Surabaya. Kunjungan ke perpustakaan Polinema tersebut dilakukan oleh Letkol Edy Suhartono beserta rombongan dan disambut oleh para pustakawan Polinema.

Dalam agenda kunjungan tersebut, pustakawan Polinema memberikan paparan singkat mengenai perpustakaan kepada rombongan STTAL. Setelah memberikan pemaparan singkat, rombongan STTAL berkeliling melihat situasi dan kondisi perpustakaan Polinema.(Rob)


Sosialisasi Pendidikan Pemakai Perpustakaan Mahasiswa Baru (MABA) Tahun 2016

Category : Berita

UPT. Perpustakaan Polinema merupakan salah satu unit pelaksana teknis yang memiliki peran sebagai pusat sumber informasi dan belajar, khususnya bagi seluruh sivitas akademika Politeknik Negeri Malang (Polinema). Melihat begitu pentingnya peranannya, maka perpustakaan di kelola dengan konsep manajemen berbasis layanan dan sistem pengelompokan yang multi teknis, sehingga informasi yang ada di perpustakaan dapat terorganisir dengan baik. Penerapan berbagai teknologi informasi pun selalu di upayakan perpustakaan demi kemudahan didalam akses layanan informasi oleh pengguna.

Pada penerapannya yang sering terjadi adalah kebanyakan pemakai perpustakaan tidak mempunyai skill atau ketrampilan dalam menggunakan alat – alat penelusur yang telah di sediakan oleh perpustakaan. Sehingga pemakai kesulitan dalam melakukan pencarian informasi yang mereka butuhkan. Untuk itu para pustakawan / pengelola perpustakaan membentuk jasa layanan pemandu perpustakaan dengan mengadakan pendidikan pemakai (user education). Dengan adanya pendidikan pemakai ini diharapkan agar para pengguna perpustakaan dapat mengetahui lebih dalam tentang perpustakaan. Di dalam pendidikan pemakai ini juga akan membantu para pemakai untuk menggunakan alat – alat penelusur informasi sehiangga akan mempermudah dalam menemukan bahan pustaka atau informasi yang di perlukan.

Kegiatan pendidikan pemakai (user education) dilakukan dalam bentuk kegiatan sosialisasi dengan fokus kegiatan kepada para mahasiswa baru angkatan 2016. Kegiatan berlangsung pada tanggal 31 agustus ini melibatkan seluruh pustakawan UPT. Perpustakaan Polinema yang bekerjasama dengan masing – masing jurusan yang terdapat di Politeknik Negeri Malang. Secara teknis kegiatan sosialisasi dilakukan pada masing – masing jurusan yang meliputi: teknik elektro, teknik mesin, teknik sipil, teknik kimia, akuntansi, administrasi niaga (AN), teknologi informasi (TI) dan GMF. Secara keseluruhan kegiatan berjalan dengan lancar serta para mahasiswa antusias didalam mengikuti kegiatan tersebut. Diharapkan untuk kedepannya kegiatan sosialisasi pendidikan pemakai perpustakaan ini dapat terus berjalan dan bahkan dapat ditingkatkan menjadi program literasi informasi (information literate) khususnya bagi seluruh sivitas akademika Politeknik Negeri Malang (Polinema). (Niz)


Kategori

Bahasa

English German Dutch

Japanese Arabic