Category Archives: Berita

  • 0

AUDIT INTERNAL UPT PERPUSTAKAAN POLINEMA 2017

Category : Berita

 

UPT Perpustakaan Politeknik Negeri Malang sebagai pusat sumber informasi bagi seluruh civitas akademika Politeknik Negeri Malang dan masyarakat pada umumnya selalu berusaha melakukan upaya demi peningkatan pelayanan secara continue. Salah satu upaya dengan di tunjang oleh Politeknik Negeri Malang sebagai lembaga induk menyelenggarakan tahunan rutin berupa audit internal perpustakaan yang meliputi beberapa indikator penilaian.

Kegiatan audit internal perpustakaan dilaksanakan pada senin, 16 Oktober 2017. Tim audit Intenal-KJM yang dipimpin oleh Bapak Drs. Abdulah Mas’ud MT dan Bapak Moch. Sholeh, ST., MT mengunjungi dan melakukan audit internal ke UPT Perpustakaan Politeknik Negeri Malang.

Secaera keseluruhan proses audit berjalan dengan lancar  seluruh jajaran staf mempersiapakn mengenai apa yang diperlukan guna menunjang data-data dalam penilaian indikator audit. Bebebrapa poin sejauh ini sudah terpenuhi dan dilaksanakan di perpustakaan adapun beberapa poin yang belum terpenuhi ke depan perpustakaan masih terus untuk mengupayakan. Hal tersebut juga sebagai penunjang institusi Politeknik Negeri Malang dalam proses akreditasi. Dengan adanya audit internal diharapkan nantinya UPT Perpustakaan Politeknik Negeri Malang dapat terus berupaya secara berkesinambungan untuk meningkatkan kualitas pelayanan kepada civitas akademika.

 

 

 


  • -

Layanan Akses e-Journal Ebsco

Category : Berita

Sebagai implementasi dari jalinan kerjasama institusi politeknik dengan Kemenristekdikti salah satunya dilakukan dengan membangun akses informasi. Perpustakaan sebagai ujung tombak dan peranan dalam mengelola knowledge yang tergabung dalam perpustakaan politeknik negeri mencoba mengimplementasikan dalam bentuk kerjasama dalam ruang lingkup yang bersifat informatif.

Pada tahun 2017 ini UPT Perpustakaan Politeknik Negeri Malang bekerjasama dengan Kemenristekdikti mencoba melakukan jalinan kerjasama melakukan pelayanan akses e-journal kepada para pengguna secara free. Sebagai produk portal e-journal yang digandeng dalam hal ini adalah EBSCO. EBSCO sendiri merupakan salah satu portal jurnal yang dapat dimanfaatkan dan cukup berkualitas dengan kontennya yang terdiri dari beberapa subdisiplin ilmu.

Secara teknik Pengguna UPT Perpustakaan Politeknik Negeri Malang dapat memanfaatkan layanan akses e-journal EBSCO secara free melalui UPT Perpustakaan Politeknik Negeri Malang dengan panduan sebagai berikut–> klik.

(Niz)

 

 

 


  • -

Informasi Format Pengumpulan File Karya Akhir Mahasiswa

Category : Berita

PENGUMUMAN NO. 036/PL2.UPT.PERPUS/KM/2017

Menindak lanjuti kebijakan perpustakaan dalam rangka pengelolaan institutional repository khususnya mengenai konten karya akhir mahasiswa, diberitahukan kepada seluruh civitas akademik khususnya yang sedang atau akan mengerjakan Tugas Akhir (D3), Skripsi (D4) dan Tesis (S2) kami informasikan Format Pengumpulan Hard Copy dan Soft Copy sebagai syarat untuk mendapatkan tanda tangan bebas tanggungan dari UPT. Perpustakaan adalah sebagai berikut:

Ketentuan Pengumpulan Laporan Akhir Mahasiswa

  • -

Pengembangan Sistem Security Gate Perpustakaan

Category : Berita

Sebagai upaya peningkatan kualitas layanan baik dalam hal kenyaman dan fasilitas perpustakaan, UPT Perpustakaan Politeknik Negeri Malang di awal Juni 2017 melakukan upaya untuk proses implementasi sistem keamanan Security Gate. Security Gate secara teknis nantinya akan ditaruh sebagai sistem keamanan masuk dan keluarnya bahan pustaka perpustakaan. Hal tersebut dilakukan dalam upaya mencgah terjadinya hal – hal yang tidak diinginkan serta agar proses pelayanan dapat berjalan dengan lancar.

Kerjasama dilakukan oleh pihak perpustakaan dengan pihak frointeir sebagaipenyedia perangkat. Jalinan kerjasama dilakukan meliputi kesepakatan pemasangan, penyesuaian sistem dengan database perpustakaan dan lain sebagainya. Secara garis besar dari hasil kesepakatan kerjasama, proses pemasangan dan impelementasi akan dimulai sekitar bulan Juli – Agustus (menyesuaikan). (Niz)

 

 


  • -

Sistem Pelayanan Berbasis Media Sosial

Category : Berita

Melihat begitu masifnya perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang telah menjamah ke berbagai kalangan salah satunya termasuk kalangan civitas akademika perguruan tinggi. Akses informasi telah mengalami banyak perubahan dari yang serba tercetak telah berkembang menuju informasi dengan akses secara virtual salah satunya dengan jenis media sosial yang antara lain seperti facebook, twitter, instagram (IG). . Perpustakaan sebagai pusat informasi memiliki tuntutan menyediakan akses informasi dalam mewadahi kebutuhan para pengguna, salah satunya adalah perpustakaan perguruan tinggi di mana memiliki tugas sebagai sarana akses pusat sumber informasi bagi seluruh civitas akademika yang dinaunginya.

UPT Perpustakaan Politeknik Negeri Malang dalam rangka mewadahi kebutuhan para pengguna dalam akses informasi yang kaitannya dengan layanan, prosedur maupun informasi-informasi yang terkait dengan perpustakaan mencoba menerapkan layanan informasi dengan berbasis pada media sosial. Beberapa media sosial yang coba dilakukan penerapan oleh UPT. Perpustakaan Politeknik Negeri Malang antara lain seperti facebook, twitter dan instagram (IG). Beberapa pertimbangkan untuk menggunakan beberapa media sosial tersebut karena media tersebut cukup populer khususnya di kalangan para mahasiswa sekarang ini. Untuk mengakses berbagai media sosial tersebut pengguna cukup mudah yaitu dengan mengunjungi:

a. facebook: UPT. Perpustakaan Politeknik Negeri Malang

b. twitter: polinemalibrary

c. instagram (IG): polinemalibrary

Berbagai pengumuman mengenai layanan, prosedur yang berhubungan dengan administrasi perpustakaan dapat diakses melalui media sosial tersebut.(Niz)

 


  • -

Rancangan Jalinan Kerjasama e-Journal Cambridge Core

Category : Berita

Dalam dunia akademis terutama perguruan tinggi, universitas cambridge merupakan salah satu universitas yang cukup populer bahkan dalam level dunia, dimana merupakan universitas tertua kedua didunia. Sebagai upaya pengembangan keilmuan universitas cambridge melakukan suatu langkah dengan menerapkan suatu layanan akses berupa portal e-Journal yang bernama Cambridge Core. Secara konten informasi-informasi yang terkandung dalam jurnal dapat dikatakan cukup berbobot melihat begitu ketatnya proses seleksi untuk dapat masuk dan terbit pada jurnal tersebut.

Pada penerapannya Cambridge Core mencoba dan berupaya menggandeng perpustakaan-perpustakaan khususnya dalam uang lingkup perguruan tinggi baik dalam skala nasional se Britania Raya maupun dalam kancah internasional termasuk Indonesia. Dalam kesempatan tersebut UPT. Perpustakaan Politeknik Negeri Malang mendapatkan suatu kesempatan dengan adanya kunjungan dan presentasi dari tim Cambridge Core tersebut. Hal tersebut merupakan suatu langkah awal UPT. Perpustakaan Negeri Malang sebagai upaya untuk mengembangkan koleksi perpustakaan terutama dengan fokus pada koleksi dengan basis virtual salah satunya berupa e-journal.

Secara teknis proses berlangsungnya kegiatan berjalan lancar. Secara keseluruhan dapat dikatakan bahwa proses rancangan jalinan kerjasama tersebut akan ditindak lanjuti baik dari pihak UPT. Perpustakaan Politeknik Negeri Malang maupun dari pihak Cambridge Core sendiri untuk dapat direalisasikan kedeannya. (Niz)


  • -

Kunjungan Politeknik Negeri Bali Ke Perpustakaan Polinema

Category : Berita

Jumat, 25 November 2016, Perpustakaan Polinema mendapat kunjungan dari Politeknik Negeri Bali (PNB). Kunjungan ke perpustakaan Polinema tersebut  disambut hangat oleh para pustakawan Polinema.

Dalam agenda kunjungan tersebut, pustakawan Polinema menjelaskan paparan singkat mengenai perpustakaan kepada rombongan Politeknik Negeri Bali (PNB). Setelah memberikan pemaparan singkat, rombongan Politeknik Negeri Bali (PNB) berkeliling melihat situasi dan kondisi perpustakaan Polinema serta foto bersama.(Rob)


  • 0

Kunjungan STTAL Ke Perpustakaan Polinema

Category : Berita

Jumat, 2 September 2016, Perpustakaan Polinema mendapat kunjungan dari Sekolah Tinggi Teknologi Angkatan Laut (STTAL) Surabaya. Kunjungan ke perpustakaan Polinema tersebut dilakukan oleh Letkol Edy Suhartono beserta rombongan dan disambut oleh para pustakawan Polinema.

Dalam agenda kunjungan tersebut, pustakawan Polinema memberikan paparan singkat mengenai perpustakaan kepada rombongan STTAL. Setelah memberikan pemaparan singkat, rombongan STTAL berkeliling melihat situasi dan kondisi perpustakaan Polinema.(Rob)


  • 0

Sosialisasi Pendidikan Pemakai Perpustakaan Mahasiswa Baru (MABA) Tahun 2016

Category : Berita

UPT. Perpustakaan Polinema merupakan salah satu unit pelaksana teknis yang memiliki peran sebagai pusat sumber informasi dan belajar, khususnya bagi seluruh sivitas akademika Politeknik Negeri Malang (Polinema). Melihat begitu pentingnya peranannya, maka perpustakaan di kelola dengan konsep manajemen berbasis layanan dan sistem pengelompokan yang multi teknis, sehingga informasi yang ada di perpustakaan dapat terorganisir dengan baik. Penerapan berbagai teknologi informasi pun selalu di upayakan perpustakaan demi kemudahan didalam akses layanan informasi oleh pengguna.

Pada penerapannya yang sering terjadi adalah kebanyakan pemakai perpustakaan tidak mempunyai skill atau ketrampilan dalam menggunakan alat – alat penelusur yang telah di sediakan oleh perpustakaan. Sehingga pemakai kesulitan dalam melakukan pencarian informasi yang mereka butuhkan. Untuk itu para pustakawan / pengelola perpustakaan membentuk jasa layanan pemandu perpustakaan dengan mengadakan pendidikan pemakai (user education). Dengan adanya pendidikan pemakai ini diharapkan agar para pengguna perpustakaan dapat mengetahui lebih dalam tentang perpustakaan. Di dalam pendidikan pemakai ini juga akan membantu para pemakai untuk menggunakan alat – alat penelusur informasi sehiangga akan mempermudah dalam menemukan bahan pustaka atau informasi yang di perlukan.

Kegiatan pendidikan pemakai (user education) dilakukan dalam bentuk kegiatan sosialisasi dengan fokus kegiatan kepada para mahasiswa baru angkatan 2016. Kegiatan berlangsung pada tanggal 31 agustus ini melibatkan seluruh pustakawan UPT. Perpustakaan Polinema yang bekerjasama dengan masing – masing jurusan yang terdapat di Politeknik Negeri Malang. Secara teknis kegiatan sosialisasi dilakukan pada masing – masing jurusan yang meliputi: teknik elektro, teknik mesin, teknik sipil, teknik kimia, akuntansi, administrasi niaga (AN), teknologi informasi (TI) dan GMF. Secara keseluruhan kegiatan berjalan dengan lancar serta para mahasiswa antusias didalam mengikuti kegiatan tersebut. Diharapkan untuk kedepannya kegiatan sosialisasi pendidikan pemakai perpustakaan ini dapat terus berjalan dan bahkan dapat ditingkatkan menjadi program literasi informasi (information literate) khususnya bagi seluruh sivitas akademika Politeknik Negeri Malang (Polinema). (Niz)


  • 0

Kegiatan Pembersihan Rak dan Perawatan Koleksi UPT. Perpustakaan Polinema

Category : Berita

Ujung tombak penyelenggaraan sebuah perpustakaan adalah dilihat dari layanannya. Hal tersebut dikarenakan berhasil tidaknya peyelenggaraan senuah perpustakaan dapat dilihat bagaimana kualitas pelayanan yang diberikan kepada pengguna, apakah pengguna terpuaskan ataukah sebaliknya. UPT. Perpustakaan Polinema dalam implementasinya sebagai langkah agar tercipta suatu pelayanan yang baik dan dapat memuaskan pengguna salah satunya menyelenggarakan kegiatan pembersihan dan perawatan koleksi. Dengan adanya koleksi yang bersih dan terawat maka nantinya diharapkan pengguna akan semakin teruaskan di dalam pemanfaatan koleksi tersebut.
Penyelenggaraan kegiatan pembersihan dan perawatan koleksi dilaksanakan pada ruang koleksi umum, koleksi referensi dan tugas akhir serta ruang koleksi kopi pertama (koleksi tandon). Untuk fokus kegiatan meliputi pebersihan rak tempat koleksi, buku-buku koleksi serta di ikuti kegiatan penataan (shelving) koleksi yang tempatnya tidak sesuai. Mengingat banyak sekali debu yang terdapat pada buku maupun rak koleksi kegiatan pembersihan tersebut juga menggunakan sarana vacum cleaner utamanya pada koleksi buku-buku umum dan tuigas akhir. Hal tersebut mengingat intensitas pemanfaatan ke dua koleksi tersbut cukup tinggi jika dibandingkan dengan koleksi lain.
Kegiatan berlangsung selama 1 minggu lebih terhitung mulai tanggal 22 – 30 agustus 2016. Pelaksanaan kegiatan bersifat gotong royong baik dari pihak pustakawan maupun staf administrasi UPT. Perpustakaan Polinema. Kegiatan tersebut diharapkan nantinya dapat dilakukan secara continue dan terus berkesinambungan mengingat pentingnya kebersihan demi kenyamanan pengguna didalam pemanfaatan koleksi perpustakaan. (Niz)


Kategori

Bahasa

English German Dutch

Japanese Arabic