Pelatihan dan Pemanfaatan E-Journal Ebsco

Pelatihan dan Pemanfaatan E-Journal Ebsco

Category : Berita

Era kemajuan teknologi informasi yang disertai dengan pesatnya perkembangan ilmu pengetahuan, sarana penelusuran dan akses terhadap sumber-sumber informasi menjadi penting. Banyak informasi yang dapat di serap dan didapat, namun dalam konteks tertentu masyarakat juga membutuhkan suatu informasi yang bersifat ilmiah salah satunya melalui jurnal-jurnal maupun artikel penelitian.

Unit Perpustakaan sebagai pusat sumber informasi sudah mulai harus bergerak bukan hanya sebagai pusat sumber informasi yang dapat dikatakan hanya sekedar informasi, namun khususnya dilingkungan perpustakaan perguruan tinggi harusnya menjadi pusat sumber informasi yang bersifat ilmiah yang dapat diwadahi dengan tersedianya koleksi-koleksi jurnal maupun artikel penelitian. Dalam konteks yang lebih luas jurnal merupakan bagian penting dari koleksi perpustakaan yang menjadi kendaraan yang paling penting untuk komunikasi ilmiah global. Bagi kalangan civitas akademika sarana komunikasi ilmiah berupa jurnal tersebut merupakan hal yang pokok dan tidak bisa ditawar untuk bahan rujukan dalam membuat artikel, jurnal ilmiah. Hal tersebut juga merujuk pada Peraturan Pemerintah Nomor 37 Tahun 2009 mengenai Dosen dan Peraturan Mendiknas Nomor 47 Tahun 2009 mengenai sertifikasi pendidik untuk dosen dimana memiliki tuntutan untuik mengumpulkan portofolio diantaranya meliputi berupa penelitian ilmiah. Bagi kalangan mahasiswa dalam menunjang tugas-tugas maupun laporan akhir. Hal tersebut juga merujuk pada tridhrama perguruan tinggi yaitu sebagai tempat pendidikan, penelitian dan pengabdian maka sarana komunikasi ilmiah pun sudah tidak bisa ditawar dan mutlak diperlukan.

Menjawab fenomena tersebut UPT Perpustakaan Politeknik Negeri Malang sebagai pusat sumber informasi dilingkungan civitas akademika Politeknik Negeri Malang mencoba menjawab dengan memberikan sarana fasilitas portal e-journal. Perpustakaan dalam hal ini mewadahi baik itu mahasiswa, karyawan dan dosen untuk dapat memanfaatkan layanan akses e-journal tersebut guna menunjang untuk akses sumber-sumber informasi yang bersifat ilmiah. Pada kesempatan tersebut yaitu pada 29 November 2018 pihak perpustakaan mengadakan suatu pelatihan bagi para dosen, karyawan dan utamanya para pustakawan untuk dapat memanfaatkan layanan e-journal salah satunya Ebsco yang baru dilanggan oleh pihak perpustakaan.

Acara pelatihan tersebut dihadiri oleh beberapa dosen, karyawan, pustakawan dan staf perpustakaan. Pelatihan tersebut dilakukan agar fasilitas yang telah diberikan oleh pihak perpustakaan tersebut dapat dimanfaatkan dengan baik dan diharapkan bagi para dosen khususnya dapat memberikan edukasi pemanfaatan jurnal tersebut kepada para mahasiswa dan bagi kalngan pustakawan maupun staf dapat memiliki pengetahuan sehingga dapat memberikan edukasi bagi para pengguna perpustakaan nantinya dalam melakukan akses e-journal tersebut. (Niz)


Kategori

Bahasa

English German Dutch

Japanese Arabic