Knowledge Sharing Perpustakaan Polinema dengan Perpustakaan PENS

Knowledge Sharing Perpustakaan Polinema dengan Perpustakaan PENS

Category : Berita

Institusi Politeknik Negeri Malang merupakan pendidikan vokasi dengan ciri mengutamakan pada penguasaan keahlian terapan tertentu atau dengan kata lain mengutamakan keterampilan dan praktek. UPT Perpustakaan Politeknik Negeri Malang sebagai lembaga sentral yang menunjang institusi dalam konteks sumber informasi pembelajaran seluruh civitas akademika Politeknik Negeri Malang tentunya memiliki kharakteristik tersendiri jika dibandingkan dengan perpustakaan perguruan tinggi lainnya. Ciri khas dalam konteks pembahasan disini yaitu mengenai sumber-sumber informasi yang disediakan beserta segala prasaranannya.Institusi Politeknik Negeri Malang merupakan pendidikan vokasi dengan ciri mengutamakan pada penguasaan keahlian terapan tertentu atau dengan kata lain mengutamakan keterampilan dan praktek. UPT Perpustakaan Politeknik Negeri Malang sebagai lembaga sentral yang menunjang institusi dalam konteks sumber informasi pembelajaran seluruh civitas akademika Politeknik Negeri Malang tentunya memiliki kharakteristik tersendiri jika dibandingkan dengan perpustakaan perguruan tinggi lainnya. Ciri khas dalam konteks pembahasan disini yaitu mengenai sumber-sumber informasi yang disediakan beserta segala prasaranannya.

Sebagai upaya dalam meningkatkan peranannya sebagai perpustakaan yang bergerak dalam institusi pendidikan vokasi pihak perpustakaan pada 16 Januari 2019 melakukan sebuah kunjungan kerja pada perpustakaan sejawat yaitu Perpustakaan PENS (Politeknik Elektronika Surabaya). Dalam kesempatan tersebut dikirim 3 staf perpustakaan (Nizam, Lia dan Dewi) untuk melakukan sharing knowledge dengan pihak perpustakaan PENS mengenai bidang layanan, pengolahan bahan pustaka dan pengelolaan sistem informasi perpustakaan serta bapak kepala perpustakaan Drs. Rahbini, MT yang juga melakukan knowledge sharing mengenai manajemen perpustakaan beserta kebijakan-kebijakan perpustakaan.

Pada knowledge sharing tersebut secera keseluruhan berjalan dengan antusias, dimana pihak perpustakaan baik itu POLINEMA maupun PENS melakukan diskusi dan tanya jawab serta juga melihat secara langsung bagamina impelemntasi dari pengelolaan perpustakaan disana. Dalam kesempatan tersebut pihak perpustakaan PENS juga menyambut dengan antusias mengenai upaya knowledge sharing yang dilakukan. Dari knowledge sharing tersebut didapatkan sejumlah pengetahuan baru bagaimana impelemntasinya pihak perpustakaan PENS dalam pengelolaan dan pelayanan perpustakaan untuk menunjang institusi PENS sendiri dengan bercirikan pendidikan vokasi yang meliputi kharakteristik sumber-sumber informasi yang disediakan pihak perpustakaan dengan berbasiskan konten yang bversifat applied (terapan) dan beserta layanan dan sarana penunjang sistem informasi perpustakaan. Pihak perpustakaan PENS kedepannya juga akan melakukan upaya serupa melakukan knowledge sharing dengan melakukan kunjungan kerja ke UPT Perpustakaan Politeknik Negeri Malang. (Niz)


Kategori

Bahasa

English German Dutch

Japanese Arabic