Implementasi Kebijakan dan Proses Pengembangan Koleksi Digital Perpustakaan Perguruan Tinggi Vokasi (Studi Kasus Perpustakaan Politeknik Negeri Malang)

Baca 3 menit

Ach. Nizam Rifqi

Verry Mardiyanto

Politeknik Negeri Malang
Email: nizamrifqi@polinema.ac.id
UIN Sultan Maulana Hasanudin Banten
E-mail: verry.mardiyanto@uinbanten.ac.id

 

Abstrak

Tulisan ini menjelaskan mengenai implementasi kebijakan dan proses pengembangan koleksi digital dengan objek penelitian pada perpustakaan perguruan tinggi vokasi dengan kasus di perpustakaan Politeknik Negeri Malang. Tulisan ini didasarkan pada implementasi kebijakan dan proses pengembangan secara menyeluruh pada koleksi digital perpustakaan dengan pendekatan kualitatif secara nyata pada aksi setiap proses kegiatan. Tujuan dari penelitian ini adalah menggambarkan hasil diagram mengenai proses dan hasil kebijakan koleksi digital. Hasil yang didapatkan dari penelitian ini adalah dari kategori implementasi kebijakan pengembangan koleksi digital UPT perpustakaan Politeknik Negeri Malang yang dibagi menjadi 4 kebijakan, yaitu: kebijakan pemetaan subdisiplin ilmu koleksi yang dikembangkan, kebijakan struktur tim pengembangan koleksi, kebijakan periode waktu pelaksanaan dan kebijakan sumber perolehan koleksi digital. Hasil berikutnya mengenai proses pengembangan koleksi digital perpustakaan Politeknik Negeri Malang dibagi menjadi 5 proses, yaitu: analisis kebutuhan pengguna, kebijakan seleksi, akuisisi dan pengadaan, penyiangan dan evaluasi koleksi. Dari hasil pembahasan tersebut perpustakaan Politeknik Negeri Malang sudah memiliki kebijakan untuk pengimplementasian proses pengembangan koleksi digital sehingga hasil koleksi digital dapat dimanfaatkan oleh mahasiswa dan civitas akademika secara menyeluruh.

Kata Kunci: Perpustakaan Perguruan Tinggi Vokasi, Implementasi Kebijakan, Pengembangan Koleksi Digital.

Link Akses: http://journal.iaincurup.ac.id/index.php/TI/article/view/1896 

References

  • Agusta, A. S. (2019). Proses Pengembangan Koleksi Serial Elektronik : Pengembangan Koleksi Digital Layanan Serial Elektronik Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Jurnal Iqra’, 13(2), 178–206.
  • American Library Association. (1983). ALA Glossary of Library and Information Science.
  • Evans, G. E. (1995). Developing Library and Information Center Collection (3rd ed.). Libraries Unlimited.
  • Hartono, H. (2017). Strategi Pengembangan Perpustakaan Digital Dalam Membangun Aksesibilitas Informasi: Sebuah Kajian Teoritis pada Perpustakaan Perguruan Tinggi Islam di Indonesia. UNILIB : Jurnal Perpustakaan, 8(1), 75–91.
  • Kaur, R., & Rupesh, G. (2017). Collection development in academic libraries with special reference to digital era. International Journal of Digital Library Services.
  • Nurkamilah, S. (2012). Implementasi Perpustakaan Digital: Studi Komparasi antar Perpustakaan Universitas di Yogyakarta. Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga.
  • Rifqi, A. N. (2018). Implementasi Sistem Institutional Repository Hasil Karya Ilmiah Sivitas Akademika Politeknik Negeri Malang (Studi Pengembangan Sistem Menggunakan System Development Life Cyle: SDLC). Publication Library and Information Science, 2(1), 1.
  • Saleh, A. R. (2010). Manajemen Perpustakaan. Universitas Terbuka.
  • Silvia, & Rahmah, E. (2014). Pengembangan Koleksi Perpustakaan di Kantor Arsip Perpustakaan dan Dokumentasi Kota Padang. Jurnal Ilmu Informasi Perpustakaan Dan Kearsipan, 3(1), 95–103.
  • Trisnanti, M. (2016). Studi Mengenai Implementasi Kebijakan Program Layanan Referensi di Perpustakaan Universitas Surabaya. Trabajo Infantil, 1689–1699.
  • Tyasmara, N. C. (2016). Pengembangan Koleksi Perpustakaan: Tantangan Dan Pembelajaran Sepanjang Hayat. 1–8.