Literacy Class: Pemanfaatan e-Book & e-Journal UPT Perpustakaan Polinema

Baca 2 menit

Kamis, 22 Juli 2021, UPT Perpustakaan Politeknik Negeri Malang menyelenggarakan kegiatan rutin yaitu literacy class dengan tema “Pemanfaatan e-book & e-journal Perpustakaan”. Acara ini tidak lain diselenggarakan guna menjawab kebutuhan para pemustaka akan kebutuhan informasi apalagi semenjak PPKM dimana mereka tidak dapat melakukan akses layanan secara fisik. UPT Perpustakaan Politeknik Negeri Malang menghadirkan sumber-sumber informasi berbasis elektronik yang diantaranya berupa e-book & e-journal Perpustakaan yang meliputi:

  1. Proquest (jurnal bidang ekonomi)
  2. Cengage (jurnal bidang teknik)
  3. Wiley (e-book semua bidang keilmuan)

Adanya layanan akses ini tentunya juga disertai bagaimana cara pemanfaatan aksesnya oleh pemustaka. Maka dari itu pihak perpustakaan membuat semacam kelas literasi yang kali ini diwakili oleh Bapak Arta Yunanta selaku pustakawan ketua bidang sistem informasi memberikan materi mengenai bagaimana cara akses, apa saja konten informasi yang dapat diperoleh mahasiswa serta bagaimana prosedur dalam mengaksesnya. Acara dilakukan secara daring melalui google meet.

Kegiatan berjalan dengan lancar dan banyak dari kalangan mahasiswa antusias mengikutinya dimana terlihat dari jumlah peserta diatas 100 orang yang mengikutinya. Setelah kegiatan ini diharapkan bahwa fasilitas khususnya e-book & e-journal yang dilanggan oleh pihak UPT Perpustakaan Politeknik Negeri Malang dapat termanfaatkan secara maksimal oleh para pemustaka baik untuk pemenuhan kebutuhan informasi secara umum maupun menunjang kebutuhan referensi dalam penyelesian tugas dan lain sebagainya. (Nizam)