Literacy Class: Pemanfaatan Website, OPAC & Repository UPT Perpustakaan Polinema

Baca 2 menit

Sehubungan dengan diumumkannya PPKM (Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat) Darurat Jawa Bali yang berlangsung sejak 3 juli 2021 lalu, tentunya juga berpengaruh pada sistem kerja dan pembelajaran di UPT Perpustakaan Politeknik Negeri Malang. Sesuai dengan Surat Edaran Direktur Politeknik Negeri Malang Nomor: 04/DIR/SE/2021 sehubungan dengan adanya pemberlakuan PPKM Darurat untuk wilayah Jawa-Bali 2021 tersebut, maka diberlakukan sistem kerja di lingkungan Politeknik Negeri Malang Full WFH (Work From Home). Hal ini tentunya juga membawa pengaruh pada layanan perpustakaan, dimana layanan offline UPT Perpustakaan Politeknik Negeri Malang tutup selama PPKM.

Menjembatani hal tersebut UPT Perpustakaan Politeknik Negeri Malang menyediakan menyediakan beberapa fasilitas layanan Online yang dapat dimanfaatkan oleh para pemustaka antara lain e-Journal dan e-book:  Proquest, Gale dan Wiley selain itu pihak perpustakaan juga menyediakan sumber informasi internal seperti Informasi pada Website, katalog (OPAC) dan Institutional Repository yang semuanya dapat dimanfaatkan oleh para pemustaka.

Berkaitan dengan adanya beberapa layanan online tersebut, khususnya mengenai bagaimana teknis maupun prosedur dalam pemanfaatan sumber informasi internal seperti Informasi pada Website, katalog (OPAC) dan Institutional Repository, maka diselengarakan kegiatan Literacy Class sebagai kegiatan rutin di perpustakaan yang kali ini dengan tema “Pemanfaatan Website, OPAC dan Repository”. Pelaksanaan acara literasi ini berlangsung secara daring melalui google meet dengan antusias para pemustaka khususnya mahasiswa yang sangat luar biasa. Hal tersebut terlihat dari kelas literasi yang dibuka secara beberapa tahap mulai sesi 1 (13 Juli 2021), sesi 2 (16 Juli 2021) dan sesi 3 (22 Juli 2021) rata-rata peserta tiap sesi sekitar 100 peserta yang mengikuti.

Materi yang disajikan dalam kelas literasi ini yaitu seputar penjelasan mengenai fungsi, kegunaan dan bagai mana teknis maupun prosedur dalam melakukan akses Website, katalog (OPAC) dan Institutional Repository oleh para pemustaka khususnya mahasiswa, serta disertai forum diskusi Tanya jawab dengan pemustaka mengenai seputar layanan yang ada. Acara ini juga sebagai wadah komunikasi antara pemustaka dengan staf perpustakaan yaitu selain saling mengenal juga pihak perpustakaan tahu bagaimana real kebutuhan informasi yang dibutuhkan oleh para pemustaka khususnya mahasiswa khususnya selama selama PPKM dengan di tutupnya layanan Offline perpustakaan. Pelaksaqna sekaligus pemateri dalam kegiatan ini diwakili oleh Bapak Ach. Nizam Rifqi selaku pustakawan bidang sistem informasi. Bersar harapan pihak UPT Perpustakaan Politeknik Negeri Malng dengan adanya kegiatan kelas literasi khususnya dengan tema “Pemanfaatan Website, OPAC dan Repository” bagaimana kedepannya perpustakaan terus menyediakan kebutuhan informasi yang tepat sasaran karena memang informasi yang disajikan sesuai dengan apa yang mereka butuhkan. (Nizam)