Penerapan Institutional Repository Sebagai Sarana Akses Pengetahuan dan Komunikasi Ilmiah

Baca 2 menit

Seiring dengan perkembangan teknologi informasi khususnya dunia internet yang sebagaimana kita ketahui bersama bersifat masif, telah membawa dampak yang cukup signifikan dalam dunia Ilmu Informasi dan Perpustakaan. Perkembangan layanan dan teknologi coba dikolaborasikan menjadi suatu kesatuan demi terciptanya suatu layanan prima. Awal perkembangan mulai dari sistem otomasi sampai sistem berbasis digital atau akhir-akhir ini lebih populer disebut dengan virtual library. Dalam perkembangannya, banyak institusi-institusi mencoba menerapkan sistem manajemen koleksi dengan berbasis pada layanan local content yaitu dengan apa yang diistilahkan dengan institutional repository (IR).

Sebagaimana diketahui bahwa isu perkembangan  institutional repository (IR) ternyata telah menjadi sorotan yang cukup menarik diantara banyak kalangan peneliti, akademisi, perguruan tinggi dan lembaga riset. Hal tersebut dapat dilihat berdasarkan hasil penelusuran dalam Library, Information Science & Technology Abstracts (LISTA) dan Scopus, terdapat lebih dari 300 artikel yang membahas IR telah dipublikasikan dalam berbagai jurnal ilmiah (peer-reviewed journal) international, terentang mulai awal 2000an sampai saat ini. Selain dalam bentuk artikel jurnal, tesis dan disertasi berfokus mengkaji IR dari berbagai universitas di dunia juga melimpah. Ratusan buku, manual dan website dibuat dan didedikasikan untuk para pengembang IR. Beberapa international conference terutama dalam bidang library and information science juga telah banyak yang mengangkat IR sebagai grand theme. Hal tersebut di atas dapat menunjukkan bahwa pentingnya pengembangan IR telah menjadi keinsyafan bersama.

UPT Perpustakaan Politeknik Negeri Malang (Polinema) sebagai salah satu perpustakaan di bawah naungan institusi Politeknik Negeri Malang dengan berbasis pada sistem pendidikan vokasi mencoba menerapkan dengan apa yang disebut institutional repository tersebut. Tujuan perpustakaan dalam hal ini tidak lain adalah demi terciptanya suatu wadah sebagai sarana akses komunikasi ilmiah terhadap sumber-sumber terutama berupa local content karya seluruh civitas akademika Politeknik Negeri Malang agar dapat dimanfaatkan bagi pengguna perpustakaan serta masyarakat pada umumnya.

Mengenai isi content repository UPT Perpustakaan Politeknik Negeri Malang menyediakan beberapa karya ilmiah mahasiswa yang terdiri dari: Laporan Akhir(D3) dan Skripsi (D4). Kedepannya perpustakaan mencoba mengembangkan beberapa karya penelitian dan pengabdian dosen untuk dapat diakses secara virtual (online). (Niz)