Kegiatan Pembersihan Rak dan Perawatan Koleksi UPT Perpustakaan Polinema

Baca 2 menit

Ujung tombak penyelenggaraan sebuah perpustakaan adalah dilihat dari layanannya. Hal tersebut dikarenakan berhasil tidaknya penyelenggaraan sebuah perpustakaan dapat dilihat bagaimana kualitas pelayanan yang diberikan kepada pengguna, apakah pengguna terpuaskan ataukah sebaliknya. UPT Perpustakaan Polinema dalam implementasinya sebagai langkah agar tercipta suatu pelayanan yang baik dan dapat memuaskan pengguna salah satunya menyelenggarakan kegiatan pembersihan dan perawatan koleksi. Dengan adanya koleksi yang bersih dan terawat maka nantinya diharapkan pengguna akan semakin teruskan di dalam pemanfaatan koleksi tersebut.

Penyelenggaraan kegiatan pembersihan dan perawatan koleksi dilaksanakan pada ruang koleksi umum, koleksi referensi dan tugas akhir serta ruang koleksi kopi pertama (koleksi tandon). Untuk fokus kegiatan meliputi pembersihan rak tempat koleksi, buku-buku koleksi serta diikuti kegiatan penataan (shelving) koleksi yang tempatnya tidak sesuai. Mengingat banyak sekali debu yang terdapat pada buku maupun rak koleksi kegiatan pembersihan tersebut juga menggunakan sarana vacuum cleaner utamanya pada koleksi buku-buku umum dan tugas akhir. Hal tersebut mengingat intensitas pemanfaatan kedua koleksi tersebut cukup tinggi jika dibandingkan dengan koleksi lain.

Kegiatan berlangsung selama 1 minggu lebih terhitung mulai tanggal 22 – 30 Agustus 2016. Pelaksanaan kegiatan bersifat gotong royong baik dari pihak pustakawan maupun staf administrasi UPT Perpustakaan Polinema. Kegiatan tersebut diharapkan nantinya dapat dilakukan secara continue dan terus berkesinambungan mengingat pentingnya kebersihan demi kenyamanan pengguna dalam pemanfaatan koleksi perpustakaan. (Niz)