Sosialisasi Pendidikan Pemakai Perpustakaan Mahasiswa Baru (MABA) Tahun 2016

Baca 2 menit

UPT Perpustakaan Polinema merupakan salah satu unit pelaksana teknis yang memiliki peran sebagai pusat sumber informasi dan belajar, khususnya bagi seluruh sivitas akademika Politeknik Negeri Malang (Polinema). Melihat begitu pentingnya peranannya, maka perpustakaan dikelola dengan konsep manajemen berbasis layanan dan sistem pengelompokan yang multi teknis, sehingga informasi yang ada di perpustakaan dapat terorganisir dengan baik. Penerapan berbagai teknologi informasi pun selalu diupayakan perpustakaan demi kemudahan dalam akses layanan informasi oleh pengguna.

Pada penerapannya yang sering terjadi adalah kebanyakan pemakai perpustakaan tidak mempunyai skill atau keterampilan dalam menggunakan alat – alat penelusur yang telah disediakan oleh perpustakaan. Sehingga pemakai kesulitan dalam melakukan pencarian informasi yang mereka butuhkan. Untuk itu para pustakawan / pengelola perpustakaan membentuk jasa layanan pemandu perpustakaan dengan mengadakan pendidikan pemakai (user education). Dengan adanya pendidikan pemakai ini diharapkan agar para pengguna perpustakaan dapat mengetahui lebih dalam tentang perpustakaan. Di dalam pendidikan pemakai ini juga akan membantu para pemakai untuk menggunakan alat – alat penelusur informasi sehingga akan mempermudah dalam menemukan bahan pustaka atau informasi yang diperlukan.

Kegiatan pendidikan pemakai (user education) dilakukan dalam bentuk kegiatan sosialisasi dengan fokus kegiatan kepada para mahasiswa baru angkatan 2016. Kegiatan berlangsung pada tanggal 31 agustus ini melibatkan seluruh pustakawan UPT Perpustakaan Polinema yang bekerjasama dengan masing – masing jurusan yang terdapat di Politeknik Negeri Malang. Secara teknis kegiatan sosialisasi dilakukan pada masing – masing jurusan yang meliputi: teknik elektro, teknik mesin, teknik sipil, teknik kimia, akuntansi, administrasi niaga (AN), teknologi informasi (TI) dan GMF. Secara keseluruhan kegiatan berjalan dengan lancar serta para mahasiswa antusias dalam mengikuti kegiatan tersebut. Diharapkan untuk kedepannya kegiatan sosialisasi pendidikan pemakai perpustakaan ini dapat terus berjalan dan bahkan dapat ditingkatkan menjadi program literasi informasi (information literate) khususnya bagi seluruh sivitas akademika Politeknik Negeri Malang (Polinema). (Niz)