Pelatihan Manajemen Referensi Berbasis Mendeley untuk Penyelesaian Tugas Akhir Mahasiswa

Baca 1 menit

Acara pelatihan Mendeley dikalangan mahasiswa ini sebagai tindak lanjut upaya UPT Perpustakaan Politeknik Negeri Malang dalam memberikan kemampuan literasi khususnya bagi mereka dalam proses pengerjaan tugas dan utamanya dalam mempermudah dalam proses penyusunan tugas akhir. Berbeda dengan acara pelatihan Mendeley dikalangan pustakawan yang mengambil narasumber dari luar, pada acara ini narasumber lagsung dari kalangan internal pustakawan.

Kegiatan pelatihan ini tepatnya beberapa bulan setelah kegiatan pelatihan Mendeley tepatnya 18 November 2020. Hal tersebut mengingat bahwa kedua acara ini merupakan acara yang berkaitan dan berkelanjutan, yaitu para pustakawan dibekali terlebih dahulu dengan kemampuan penggunaan Mendeley tersebut sehingga siap menjadi tutor bagi para mahasiswa.

Pelaksanaan kegiatan dilakukan secara daring online melalui media Zoom Meeting. Untuk mengikuti acara pelatihan mahasiswa diwajibkan untuk melakukan pendaftaran terlebih dahulu dengan waktu yang ditentukan pada form online yang disediakan oleh pihak perpustakaan. Pihak perpustakaan dalam menginformasikan acara kegiatan ini melalui saluran media sosial perpustakaan yang disertai tata cara pendaftaran. Adapun fasilitas yang didapat oleh peserta yang mengikuti adalah berupa modul materi yang didapatkan dalam pelatihan dan sertifikat sebagai tanda telah mengikuti kegiatan pelatihan. Peserta diberikan link untuk download aplikasi Mendeley dan pustakawan yang bertugas sebagai pemateri memandu mulai tahap awal sampai tahap penggunaan. (Nizam)