Inovasi Layanan Booking Book Online Service UPT Perpustakaan Polinema

Baca 3 menit

Sebagaimana diketahui bersama Pandemi Covid 19 yang melanda seluruh dunia khususnya di Indonesia sampai saat ini (Februari 2021) belum berakhir. Segala sektor dapat dikatakan terkena imbas dari pandemi ini baik dari segi usaha/bisnis, pertanian maupun dunia Pendidikan. Seperti yang kita lihat mulai dari awal- awal pandemi sampai saat ini kita sudah tidak melihat lagi anak-anak berangkat sekolah dipagu hari, suasana kampus yang ramai dengan mahasiswa semua beralih kepada pembelajaran secara Daring. Hal tersebut terjadi tentunya dengan pertimbangan pembatasan interaksi dalam masyarakat gunua mencegah penularan dan terlebih juga usaha dalam memutus mata rantai Convid-19 tersebut.

Akan sangat sinkron ketika kita berbicara masalah wabah Pandemi Covid-19 tersebut yang berimbas dalam dunia pendidikan dan kaitannya dengan layanan perpustakaan. Sudah pasti dan tentu hal tersebut berimbas pada dunia perpustakaan dimana perpustakaan merupakanj salah satu layanan publik, tentunya harus melakukan pembatasan interaksi antar pengguna diperpustakaan. Mengatasi hal tersebut pola peralihan layananpun mulai digalakkan dengan tidak mengurangi fungsinya dalam memberikan informasi kepada pengguna maka layananpun diprioritaskan dengan berbasis Online tentunya dengan berbagai cara dan upaya.

UPT Perpustakaan Politeknik Negeri Malang (Polinema), dimana merupakan salah satu perpustakaan perguruan tinggi yaitu dibawah naungan institusi Politeknik Negeri Malang (Polinema) juga telah merasakan imbas dari wabah Pandemi Covid-19 tersebut. Adanya pembatasan kegiatan pembelajaran didunia kampus dan seluruh civitas akademika Polinema baik itu mahasiswa, dosen maupun karyawan, perpustakaan tentunya dibatasi dalam jam buka secara fisik. Disisi lain kebutuhan khususnya mahasiswa akan sumber informasi dalam menunjang kegiatan belajar mengajar tidak bisa diganggu gugat dan harus diprioritaskan. Mengatasi hal tersebut salah satu inovasi pihak UPT Perpustakaan Polinema yang terbaru adalah mengeluarkan layanan Booking Book Online Service yaitu sebuah inovasi layanan dimana para pengguna khususnya seluruh civitas akademika Polinema dana melakukan pemesanan peminjaman koleksi buku tanpa harus mereka masuk dan mengakses secara langsung koleksi. Pengguna dimudahkan dengan memesan via Handphone mengenai buku yang direquest setelah melakukan penelusuran pada katalog online. Hal tersebut dilakukan tentunya untuk pembatasan kegiatan secara fisik yang menyebabkan berkerumun serta pihak UPT Perpustakaan Polinema mendukung penuh dalam upaya memutus mata rantai Cobid-19 demi terciptanya suasana kegiatan pembelajaran yang kondusif kembali, tentunya dengan tidak mengurangi fungsi perpustakaan sebagai pusat sumber informasi khususnya dilingkungan Polinema. (Niz)

Berikut merupakan sayarat dan prosedur akses dalam memanfaatkan layanan Booking Online Book service UPT Perpustakaan Polinema:

–> Syarat

  1. Pengguna (pemustaka) aktif perpustakaan: yaitu seluruh civitas akademika Polinema meliputi mahasiswa, dosen dan karyawan yang berstatus aktif
  2. Pengguna (pemustaka) dengan masa keanggotaan perpustakaan aktif, jika tidak silahkan melakukan perpanjangan anggota terlebih dahulu
  3. Pengguna (pemustaka) yang tidak memiliki tanggungan buku yang belum dikembalikan dan terlambat
  4. Batas booking untuk pinjaman buku maksimal 5 eksemplar buku dengan judul yang berbeda
  5. Batas waktu pengambilan buku maksimal 2 x 24 jam terhitung mulai melakukan booking, jika tidak maka booking dinyatakan cencel (dibatalkan)

–> Prosedur

  1. Silahkan akses katalog online UPT Perpustakaan Polinema –> https://opac.polinema.ac.id
  2. Lakukan penelusuran pada kolom pencarian dengan pilihan berdasarkan judul, pengarang maupun subyek
  3. Pilih judul yang dibutuhkan, kemudian cek status ketersediaan eksemplar koleksi dengan klik detail koleksi
  4. Jika status eksemplar tersedia silahkan melakukan booking (pemesanan) melalui WA admin (081231120756) dengan ketentuan :

a. Screenshot koleksi yang akan dibooking

b. Foto KTM untuk Mahasiswa

c. Identitas Dosen atau Karyawan Polinema (NIP/No. Absensi Pegawai)